3 Tempat Warung Makan Empal Gentong di Cirebon Yang Wajib Dikunjungi

Jika anda sering pergi ke Cirebon, pastinya sudah tidak asing dengan makanan khas Cirebon yang satu ini yaitu Empal Gentong. Makanan khas ini tentunya dapat dengan mudah anda  temukan dipinggir-pinggir jalan. Banyak pedagang yang menjajakan Empal Gentong menggunakan gerobak maupun restoran yang sudah ternama.

Dapat dikatakan makanan khas Cirebon yang satu ini menyerupai gulai, namun yang membedakannya adalah cara memasaknya. Empal gentong memiliki keunikan tersendiri, yaitu cara memasakknya menggunakan sebuah gentong.

3 Tempat Warung Makan Empal Gentong di Cirebon yang Wajib Dikunjungi

Pertama kali empal gentong diperkenalkan dari Desa Battembat, Cirebon. Lalu mulai terkenal, dan sampai sekarang makakan khas Cirebon ini sudah ada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Gentong yang digunakan untuk memasak empal gentong terbuat dari tanah liat. Alasan penggunaan gentong sebagai alat memasak Empal Gentong ialah agar cita rasa yang dimiliki lebih nikmat. Bumbu juga akan meresap ke dalam potongan isian yaitu, usus, babat, kikil dan daging sapi.

Sebagai pelengkap, biasanya empal gentong juga ditambahkan dengan kucai dan serbuk cabai. Seporsi Empal Gentong disajikan dengan nasi atau lontong dan juga drokdok. Drokdok adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau.

Jika anda ingin mencari warung makan yang menyediakan Empal Gentong. Kami Arza Rentcar Cirebon memiliki beberapa rekomendasi tempat makan yang biasa kami kunjungi bersama pelanggan sewa mobil cirebon kami.

  1. Empal Gentong Ibu Dharma

Empal Gentong Ibu Dharma merupakan salah satu warung makan paling tua dan legendari di Cirebon. Kini warung tersebut sudah dikelola penerusnya, karena Ibu Dharma sudah lama meninggal dunia. Harga satu porsinya adalah Rp 24.000 sudah dengan sepiring nasi atau lontong. Potongan daging dan tetelannya pun besar dan banyak.

Selain itu, disini juga disediakan Drokdok, dengan harga Rp 8.000 untuk per porsinya. Warung makan ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00, biasanya bisa tutup lebih awal jika sudah ludes. Jadi buat yang ingin mencicipi Empal Gentong Ibu Dharma harus datang lebih awal agar tidak kehabisan. Warung makan ini berada di Jalan Diponegoro No. 21 Cirebon.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata di Cirebon Terbaru dan Paling Hits Dikunjungi

  1. Empal Gentong Apud

Warung makan Empal Gentong Apud terletak di Jalan Ir H. Juanda No. 24, Battembat, Cirebon. Warung makan ini menjadi salah satu warung makan Empal Gentong terbesar di Cirebon. Warung ini sudah memiliki tiga cabang, yang dua lainnya bertempat di Kawasan Trusmi dan Jalan Tuparev. Selain menyediakan Empal Gentong, warung makan ini juga mmenyediakan menu lainnya, yaitu sate kambing dan empal asem.

Empal Gentong Apud mematok harga Rp. 23.000 untuk per porsi empal gentong dan empal asem dan ditambah Rp 5.000 untuk sepiring nasi. Warung makan ini buka mulai pukul 08.00 – 17.00 setiap hari.

  1. Empal Gentong Amarta

Tidak jauh dengan Empal Gentong Apud. Empal Gentong Amarta terletak di  Jalan Ir. H. Juanda No. 37, Battembat, Cirebon. Sama halnya Empal Gentong Apud, Empal Gentong Amarta juga menyediakna menu lain yaitu empal asem. Namun kuah empal asem disini tidak menggunakan santan, melainkan terbuat dari perpaduan wuluh dan asam jawa.

Empal Gentong Amarta buka setiap harinya mulai pukul 09.00 – 20.30.Untuk satu porsi harganya Rp 24.000 dan sepiring nasi RP. 5000.

3 Tempat Warung Makan Empal Gentong di Cirebon Yang Wajib Dikunjungi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas