Berwisata ke Keraton Kasepuhan Bersama Arza Rentcar

Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan –┬ákota Cirebon merupakan salah satu daerah yang ada di Jawa Barat yang memiliki banyak sekali tempat wisata dan juga sejarah. Kota ini juga menjadi paket wisata liburan pilihan untuk keluarga karena memiliki daya tarik sendiri. Kota cirebon merupakan kota yang berkembang sangat cepat. Hal itu didukung dengan berkembangnya bisnis masyarakatnya seperti para pengrajin,agen tour wisata,rental mobil, dealer mobil dari merk honda,yamaha,suzuki dan masih banyak yang lainnya.




cirebon merupakan daerah yang ada di Indonesia yang memiliki sejarah islam yang sangat panjang di Indonesia. Salah satu peninggalan sejarah islam yang ada dikota ini adalah keraton kasepuhan. Keraton Kasepuhan adalah keraton termegah dan paling terawat di Cirebon. Kkeraton ini di bangun pada masa pemerintahan pengeran emas yaitu Zaenal Arifin. Keraton ini memiliki Makna di setiap sudut arsitektur keraton ini pun terkenal paling bersejarah.

Keraton Kasepuhan
keraton ini memiliki lahan seluas 25 hektar. Dengan Halaman depan keraton ini dikelilingi tembok bata merah dan terdapat pendopo didalamnya. Dulunya Keraton Kasepuhan menjadi singgasana para raja cirebon pada jaman dahulu, disinilah pusat pemerintahan Kasultanan Cirebon berdiri.

Keraton ini memiliki museum yang cukup lengkap dan berisi benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Salah satu barang berharga yang ada di keraton ini adalah sebuah kereta Kencana yang bernama Singa Barong milik Sunan Gunung Jati. Kereta kencana sunan tersebut sekarang sudah tidak pernah digunakan lagi. Kereta tersebut hanya dikeluarkan pada tanggal 1 Syawal untuk dimandikan. Keraton ini memiliki bagian dalam yang berwarna putih.dan di dalam keraton tersebut terdapat ruang tamu, ruang tidur dan singgasana raja.

keraton kasepuhan terdiri atas 2 komplek yaitu yang pertama Dalem Agung Pakungwati yang didirikan oleh Pangeran Cakrabuana pada tahun 1430. Kompleks tersebut menjadi tempat bersemayam pangeran cakrabuana. Dan komplek yang kedua adalah pakungwati(sekarang disebut dengan Keraton Kasepuhan) yang didirikan pada tanggal 1529 M oleh Pangeran Mas Zainul Arifin.

Keraton Kasepuhan Menjadi Tempat Melestarikan Budaya

selain itu keraton ini juga menjadi tempat melestarikan budaya dengan masih diadakannya berbagai macam acara tradisi setiap tahunnya di keraton ini.salah satu acara tradisi tersebut adalah acara panjang jimat yang diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran nabi Muhammad saw

Berwisata ke Keraton Kasepuhan Bersama Arza Rentcar

4 tanggapan pada “Berwisata ke Keraton Kasepuhan Bersama Arza Rentcar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas